Bangkitkan Semangat Dengan Kopi

Kopi adalah salah satu minuman mendunia, dari kedai murahan hingga kedai VIP selalu menyajikan minuman jenis satu ini. Selain rasanya yang enak, kopi merupakan salah satu alat komunikasi sosial. Ngobrol dengan tetangga dibarengi dengan kopi, membicarakan bisnis dengan kolega sambil ngopi, bergosip ria ditemani secangkir kopi. Kopi memang merupakan minuman pencair suasana terbaik yang pernah ada. Rasa khas kopi memberikan rasa candu bagi para penggemarnya, derajat keasaman dan kandungan kafein dari suatu kopi selalu menjadi perbincangan hangat di kalangan para pencinta kopi. Indonesia sendiri terkenal akan kopi luwak dan toraja, bahkan kopi luwak di klaim merupakan kopi dengan harga tinggi dibandingkan dengan kopi lain.

Kopi dan kandungan kafeinnya merupakan stimulus dalam melakukan aktvitas. Kafein sendiri merupakan senyawa stimulan alami yang terdapat pada beberapa jenis makanan termasuk di dalamnya kopi, teh dan cokelat. Kopi merupakan bahan pangan yang memiliki kandungan kafein tinggi. Selain berfungsi sebagai stimulan untuk meningkatkan kreativitas dan semangat, kafein pun dapat membantu mencegah penurunan fungsi otak sehingga dapat digunakan untuk mencegah penyakit Alzheimer dan parkinson.

Sayangnya, kafein pun memiliki efek negatif jika dikonsumsi secara berlebih. Walaupun efek negatif ini akan bervariasi pada setiap orang tergantung pada sensitivitas seseorang terhadap kopi. Salah satu efek negatif yang kerap dirasakan oleh penderita penyakit lambung adalah naiknya asam lambung secara drastis yang menyebabkan perih di perut hingga mual. Bahkan, pada beberapa kasus menyebabkan sesak nafas akibat dari peningkatan asam lambung. Selain itu kafein dapat memacu detak jantung dan nadi karena sifat dari kopi yakni sebagai stimulan.

Bagi para penderita sakit lambung atau maag, ada baiknya memperhatikan jenis kopi yang dikonsumsi. Jika ingin bertahan tetap menikmati kopi, pilihlah kopi dengan kadar asam dan kafein rendah, biasanya terdapat pada kopi murni atau kopi hitam. Walaupun kandungan kafeinnya rendah jangan lupa untuk membatasi diri untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Selain itu, kamu pun bisa mengkonsumsi air alkali alami secara rutin agar kamu tetap dapat menikmati kopi favorit tanpa khawatir dengan asam lambungmu. Air minum PH tinggi atau air alkali mampu menjaga PH tubuh berada dalam keadaan netral alias stabil.

Tags: