Mengenal Lebih Dekat Penggaris Segitiga dan Fungsinya

Dalam mengerjakan tugas matematika ataupun menggambar arsitektur, seringkali Anda menggunakan penggarissebagai alat bantunya. Sebuah alat bantu untuk menggambar garis lurus diperlukan agar garis benar-benar lurus sesuai dengan ukuran dan sudut yang ditentukan. Beberapa jenis alat bantu gambar tersebut ada satu diantaranya yang berbentuk segitiga. Ada yang segitiga siku-siku dan ada juga yang memiliki bentuk segitiga sama sisi. Kedua macam segitiga tersebut memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai garisan segitiga agar Anda paham apa sebenarnya yang mendasari dibuatnya sebuah alat bantu gambar dengan bentuk segitiga tersebut.

Ada 2 sisi tegak yang terdapat pada sebuah segitiga sebagai alat bantu gambar atau mistar segitiga. Sisi mistar segitiga yang panjang disebut sebagai daun mistar, sedangkan sisi mistar segitiga yang memiliki sisi lebih pendek disebut kepala mistar. Sudut yang dibentuk dari daun mistar hingga kepala mistar tentu saja sebesar 90 derajat karena merupakan sebuah segitiga siku-siku. Dalam satu set mistar segitiga, umumnya memiliki 2 buah mistar dengan sudut 90-45-45 dan yang lainnya adalah 90-30-60 derajat.

Keunikan dari mistar segitiga adalah pada sisi hitung atau ukurannya. Pada salah satu sisi menggunakan skala cm sedangkan pada sisi lainnya menggunakan skala inchi. Sebenarnya mistar segitiga tidak digunakan untuk mengukur panjang karena memiliki panjang sisi yang termasuk pendek, namun lebih untuk membuat garis tegak lurus dengan memanfaatkan sisi sudutnya yang siku-siku. Mistar segitiga dipasangkan di bagian dasar hingga betul-betul lurus atau membentuk sudut 180 derajat untuk kemudian bisa ditarik garis memotong sehingga menghasilkan garis yang tegak lurus terhadap garis tersebut.

Pada beberapa jenis mistar segitiga, di dalamnya terdapat gambaran sebuah busur. Jika Anda memiliki mistar tersebut berarti Anda tak perlu repot membeli busur lagi untuk menghitung besar sudut yang dibutuhkan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah menggunakan segitiga yang umumnya berbentuk segitiga sama sisi dengan cara yang sama seperti penggunaan busur pada umumnya. Untuk pembelian satu set mistar, maka Anda akan mendapatkan:

  • 1 buah penggaris panjang.
  • 1 buah mistar segitiga bersudut 90 – 45 – 45 derajat.
  • 1 buah mistar segitiga bersudut 90 – 30 – 60 derajat.
  • 1 buah busur kecil.

Namun ada juga yang sudah menambahkan jangka untuk membuat lingkaran dengan menetapkan titik sudutnya.

Penggarisnya segitiga akan sangat dibutuhkan oleh mereka yang mengambil jurusan tehnik untuk menggambar satu design tertentu dimana di dalamnya akan banyak ditemukan garis lurus. Selain untuk menggambar garis lurus, mistar segitiga juga bisa diandalkan dengan cepat untuk membuat arsiran ataupun pola tertentu untuk menandai gambar. Ujungnya yang panjang dan runcing juga bisa digunakan untuk membantu membuat sudut tertentu atau melipat kertas.

Mistar segitiga sebagai salah satu bentuk penggaris memang tidak selalu dibutuhkan oleh mereka yang jarang menggambar dengan kebutuhan yang sangat presisi. Meski begitu pengetahuan akan guna dan manfaat mistar segitiga perlu diberitahukan agar ketika memiliki sebuah mistar segitiga, anak-anak bisa menggunakannya dengan lebih maksimal bukan hanya untuk mengukur suatu garis saja. Dengan sebuah mistar segitiga ada banyak hal yang bisa dikerjakan dengan lebih detail dan pasti terutama untuk membuat garis lurus atau garis bersudut 90 derajat meski pada garis miring sebagai sumbunya. Simpanlah mistar segitiga pada tempatnya agar ujung mistar yang runcing tidak melukai badan Anda.

Tags: