Perumahan Murah, Nyaman dan Aman

Jika Anda sedang mencari perumahan murah di Bogor dan memang mencari perumahan aman dapat Anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama, lakukan survey secara mendetail tentang perumahan yang akan Anda beli. Survey dapat dilakukan baik melalui internet ataupun secara langsung di lapangan. Lakukan komparasi, skoring dan Analisa berdasarkan parameter dan spesifikasi rumah yang Anda inginkan.

Kedua, pemilihan rumah bisa menggunakan beberapa parameter yang dapat Anda tentukan sendiri spesifikasinya.

Ketiga, datang ke bagian pemasaran perumahan dan meminta informasi detail mengenai perumahan tersebut. Dapat pula meminta untuk survey secara langsung bagaimana kualitas rumah yang perumahan tersebut miliki.

Keempat, status rumah ada dua yaitu siap huni dan indent. Untuk rumah yang statusnya siap huni, biasanya Anda bisa langsung melihat rumah yang ingin Anda beli. Sebagian besar perumahan menggunakan model indent, jadi kita hanya bisa memilih lokasi dari gambar.

Kelima, masalah harga rumah Anda harus teliti dengan yang satu ini. Cek lagi, harga rumah sudah mencakup apa saja. Biasanya harga rumah sudah termasuk PPN 10%, biaya Akta Jual Beli (AJB) dan biaya Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB). Tapi harga belum termasuk Bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan (BPHTB) dan biaya KPR (provinsi, notaris, administrasi, asuransi jiwa dan kebakaran, APHT, dan lain-lain). Harga rumah (tanah dan bangunan) ditambah dengan BPHTB biasanya disebut dengan harga pengikatan.

Keenam, untuk pembayaran rumah dengan fasilitas KPR dari bank, perhatikan tahapan pembayaran rumah dari uang tanda jadi sampai akad kredit. Jangan sampai Anda salah paham atau lebih bahaya lagi, keliru dalam menyiapkan uang.

Ketujuh, untuk rumah yang siap huni biasanya memerlukan waktu 1-2 bulan dari akad kredit sampai rumah bisa Anda tempati.

Kedelapan, Anda mendapatkan waktu garansi kerusakan rumah atau kadang disebut dengan masa pemeliharaan dengan durasi 3-6 bulan dari proses serah terima rumah.

Kesembilan, sebaiknya dalam masa pemeliharaan, jangan melakukan renovasi rumah secara signifikan karena akan menghilangkan garansi kerusakan.

Kesepuluh, jangan lupa untuk menambahkan interior rumah, memasang teralis di pintu dan jendela, serta memasang bak penampungan air dan toren untuk cadangan apabila air PDAM atau sumur tidak lancar.

Tags: